http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

KESELAMATAN DALAM KONSEP PERJANJIAN BARU



Menarik untuk memahami makna keselamatan dalam Alkitab. Khususnya dalam Perjanjian baru ada fakta-fakta yang penting kita pahami. Beberapa hal yang berkaitan dengan topik keselamatan yang perlu kita pelajari dalam Perjanjian Baru, antara lain:

1.      Pengertian Keselamatan dalam konsep Perjanjian Baru
Dalam bahasa Yunani adalah σωτηρία soteria, yang artinya tindakan atau hasil dari pembebasan atau pemeliharaan dari bahaya, penyakit atau bahaya, keselamatan juga mencakup kesehatan dan kemakmuran[1]. Dalam pemakaian Alkitab kata soteria dapat diartikan menjadi “suatu tindakan Allah dalam menyelamatkan manusia dari kematian yang kekal menuju kehidupan yang kekal. inti dari keselamatan menurut Perjanjian Baru adalah karya Allah dalam Tuhan Yesus Kristus untuk menyelamatkan manusia dari kematian kekal kepada kehidupan kekal. Kematian dan kehidupan dalam konteks keselamatan bukan berbicara tentang hidup yang sekarang ini, tetapi kehidupan masa yang akan datang. Ada beberapa konsep atau pengertian dalam Perjanjian Baru yang dapat menjelaskan keselamatan itu, antara lain:


Penebusan/Redemtion.
Seperti disebutkan dalam 1Petrus 1:18-19, Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia…. dengan … darah yang mahal, yaitu darah Kristus. Juga dalam Roma 3:23-24 “Karena semua orang telah berbuat dosa …24 dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus”. Dalam bahasa Yunani disebut λυτρόω bebas dengan membayar tebusan. Pada dasarnya kata ini menjelaskan seseorang dalam suatu keadaan berhutang atau tertawan dimana dia sendiri tidak mampu lepas dari keadaan itu, tetapi dia menerima kebebasan tanpa harus membayar apa-apa. Manusia pada dasarnya sudah terjual dibawah kuasa maut. Tetapi kemudian mendapat kebebasan setelah penebusan dalam kematian Kristus.


Pendamaian/Reconciliation
Beberapa ayat yang berhubungan dengan ini adalah 2 Korintus 5:19 “sebab Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya oleh Kristus dengan tidak memperhitungkan pelanggaran mereka. juga Roma 5:10 Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya…..pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya!” Kata yang dipakai adalah καταλλαγή katallage yang berarti mendamaikan dan memulihkan. Secara umum dalam Perjanjian Baru kata ini mengacu kepada karya Kristus yang menyelesaikan semua persoalan manusia akibat dosa dan yang memulihkan hubungan antara manusia dengan Allah, serta kehidupan kekal sebagai akibatnya bagi manusia itu. 

 Kelahiran Kembali
Bentuk Yunaninya adalah γεννάω gennao yang artinya memperanakkan atau melahirkan kembali. Kata ini digunakan untuk menyatakan tindakan mula-mula yang memperbaharui tetapi kemudian disusul dengan proses selanjutnya. Hal ini pekerjaan Allah dalam diri manusia yang membawa perubahan dalam seluruh pandangan pribadi (sikap, bicara, dsb). Sebelum kelahiran baru, dosa mengendalikan manusia dan memimpinnya kepada kematian kekal, tetapi oleh kelahiran kembali Roh Allah memimpin manusia itu menuju hidup kekal. Hal ini dapat dilihat pada Yohanes 3:3 …jika seseorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak akan melihat Kerajaan Allah. Juga dalam 1 Petrus 1:23, kita dilahirkan bukan dari benih yang fana, tetapi dari benih yang tidak fana, Firman Allah.

Kemerdekaan
Kemerdekaan manusia dari dosa juga merupakan suatu konsep keselamatan dalam Perjanjian Baru. Roma 6:18-23 mengungkapkan “kamu telah dimerdekakan dari dosa dan menjadi hamba kebenaran……sebagai kesudahannya adalah hidup yang kekal. sangat jelas bahwa keselamatan itu juga merupakan suatu kemerdekaan dari dosa, bebas dari penguasaan dosa. Dan masuk kepada suatu kehidupan baru yang pada akhirnya adalah kehidupan kekal.
 
             
2.      Mengapa manusia perlu diselamatkan?

 Campur tangan Tuhan sangat penting dalam keselamatan manusia. Ada beberapa alasan mengapa manusia perlu diselamatkan antara lain:


Dosa itu universal dan semakin hari semakin merusak
Dosa sudah menjadi masalah terbesar manusia, baik untuk hidup sekarang maupun bagi kehidupan masa yang akan datang. Akibat dari dosa itu begitu luas “terutama telah menutup pikiran manusia terhadap hal-hal yang benar dari Allah dan manusia diarahkan kepada kebinasaan (Efesus 2:1-3). Jadi kalau tidak ada tindakan penyelamatan dari Allah, maka keadaan dunia ini akan semakin rusak.


Manusia tidak mampu mengatasi dosa dan akibatnya.
Usaha manusia tidak akan berhasil untuk menyelamatkan dirinya. Perbuatan baik manusia tidak mampu mencapai standar Allah untuk mendapatkan keselamatan. Sehingga manusia membutuhkan sarana penyelamatan. Manusia sudah mati dan tanpa pengharapan oleh sebab dosa. Dan manusia tidak dapat berbuat apa-apa untuk memperoleh keselamatan. Oleh sebab itulah manusia membutuhkan karya Allah didalam Tuhan Yesus sebagai sarana penebusan bagi dirinya. Jadi keselamatan itu semata-mata adalah karya Allah, karena usaha manusia tidak akan mampu mencapainya (Efesus 2:8)


Keselamatan akan memperbaharui prilaku manusia
Dosa mengakibatkan kerusakan pada moral manusia. Kecenderungan manusia adalah melakukan kejahatan (Roma 3:9-18). Semua orang ada dalam kuasa dosa, dan semakin hari dosa semakin memuncak dan rusak. Karya keselamatan yang dikerjakan oleh Allah membawa perubahan yang baru dalam hal karakter manusia. Efesus 2:10 “diciptakan dalam Kristus untuk melakukan pekerjaan yang baik”. Jadi mengapa manusia perlu diselamatkan? Sebab aplikasi dari keselamatan yang kita terima adalah pekerjaan yang baik dalam pribadi-pribadi yang sudah menerimanya keselamatan.


3.      Manusia diselamatkan dari apa?

Murka Allah
Dosa dengan sangat jelas telah menimbulkan murka Tuhan (Kolose 3:6; 1 Tesalonika 1:10; Wahyu 6:16-17). Murka ini berhubungan dengan peristiwa-peristiwa eskatologis sampai kepada penghukuman kekal yang akan datang. Sehingga oleh pembenaran dalam darah Kristus maka kita diselamatkan dari murka Allah (Roma 5:9) 

Penghakiman yang akan datang.
Ada beberapa macam penghakiman dalam Perjanjian Baru, jadi yang dimaksud dengan penghakiman disini adalah penghakiman yang berhubungan dengan penghukuman (2 Petrus 3:7; Yakobus 2:13). Manusia harus mempertanggungjawabkan setiap pilihan hidupnya selama di bumi. Dan akibat dari penghakiman itu sungguh tidak tertanggung oleh manusia. Memang sebagian orang harus menghadapi pengadilan Tuhan dan dihukum (Wahyu 11-15). Jadi untuk terhindar dari penghakiman Allah, Dia sendiri sudah menyediakan sarana keselamatan bagi manusia. 


Kematian kekal/Penghukuman kekal/Neraka 
     Alkitab menyatakan “úpah dosa adalah maut” baik mati rohani, jasmani, maupun kematian kekal (Roma 5:12; 6:23). Manusia tidak dapat menghindari kenyataan ini. Dan oleh karena dosa itu juga manusia tidak lagi mengenal Allah, sehingga manusia menciptakan tuhan bagi dirinya sendiri, yang pada akhirnya menuju kebinasaan juga. Beberapa istilah yang dipakai dalam Perjanjian Baru untuk kematian kekal yaitu: kematian yang mengerikan (Ibrani 10:27-31), kematian yang ke-2 (Wahyu 21:8,27). Kematian inilah yang menjadi bagian manusia berdosa, dan tidak bisa dihindari sehingga manusia dalam ancaman besar, “bagaimana mungkin kamu dapat meluputkan diri dari hukuman neraka” (Mat23:33). Dan Allah didorong oleh kasih-Nya yang besar memberikan jalan bagi keselamatan manusia. Dia tidak ingin manusia mengalami kematian yang kekal (2 Petrus 3:9). (@lbt) 

Popular Posts

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *