http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

KRONOLOGI KEDATANGAN TUHAN YESUS KEDUA KALI



kEDATANGAN kRISTUS


PENGANTAR
           
            Topik tentang akhir zaman merupakan topik yang sangat menarik untuk dibahas. Hampir semua agama membahas tentang akhir dunia ini, termasuk kalangan scintific memberi perhatian terhadap topik ini. Mereka memperdebatkan topik akhir zaman dari sudut pandang masing-masing. H.L. Willmington membahas buku ini dari sudut pandang paham premilenialisme yang pembahasannya berdasarkan urutan-urutan peristiwa eskatologis yang disertai dengan pembahasan-pembahasan terhadap topik tertentu yang berhubungan dengan peristiwa-peristiwa tersebut. Ada sembilan belas bab pembahasan dalam buku ini yang kalau disederhanakan meliputi topik sebagai berikut: pengangkatan dan peristiwa yang menyertai, masa kesusahan besar atau masa tribulasi, kedatangan Tuhan Yesus Kristus yang kedua kali dan peristiwa yang menyertainya, kerajaan damai seribu tahun, pemberontakan terakhir Iblis, penghakiman terakhir, dan memasuki kekekalan.
             
TANTANGAN IMAN
Bagi saya, ada berbagai hal yang menarik sekaligus menjadi tantangan buat saya. Yang akan mempersiapkan diri saya menghadapi peristiwa eskatologis ini, baik eskatologis secara pribadi maupun eskatologi dalam pengertian kedatangan Kristus yang kedua kali. Dari topik “Pengangkatan Gereja” saya didorong untuk semakin sungguh-sungguh memberikan hidup untuk dikuduskan oleh Tuhan setiap harinya. Itu adalah sebagai wujud syukur saya atas keselamatan yang sudah saya terima dan persiapan saya menghadapi bema atau takhta pengadilan Kristus yaitu tempat penentuan pahala/mahkota yang akan diterima setiap orang percaya. Peristiwa selanjutnya yang mengikuti pengangkatan itu adalah Perkawinan Anak Domba (Wahyu 19:9). Merupakan peristiwa besar dimana Yesus menyambut gereja dalam kemuliaan-Nya diawan-awan. Selain itu ada penulis juga membahas dua nyanyian yang agung dalam Wahyu 4 dan 5 yang merupakan ringkasan Karya Besar Allah, yaitu penciptaan dan penebusan. Peristiwa-peristiwa ini ditempatkan segera sesudah pengangkatan gereja.
            
MASA KESUSAHAN BESAR
Peristiwa besar selanjutnya yang terjadi di bumi adalah Masa Kesusahan Besar selam tujuh tahun yang menandai berkuasanya Antikristus. Masa kesusahan ini belum ada bandingannya sepanjang sejarah dunia. Beberapa nama untuk hari itu adalah: Hari Tuhan (Yes 2:12 ; 2 Pet 3:10), Amarah (Yes 26:20), Hari Pembalasan Allah (Yes 34:8), Waktu Kesusahan Bagi Yakub (Yer 30:7), Sayap Kekejian (Daniel 12:1), Waktu Kesesakan yang Besar (Daniel 12:1), Masa yang Ketujuh Puluh (Daniel 9:24-27), Akhir Zaman Matius 13:40,49), Hari Besar Murka (Wahyu 6:17), Saat Penghakiman-Nya (Wahyu 14:7), Masa Siksaan (Matius 24:21,29). Masa kesusahan ini bertujuan untuk menyatakan keadilan Allah bagi semua manusia dan kasih-Nya bagi gereja. Selain itu juga adalah untuk mempersiapkan umat Israel untuk menerima Mesias, serta persiapan bumi memasuki Kerajaan Damai Seribu Tahun. Masa ini akan ditandai dengan munculnya berbagai tokoh seperti: Iblis (Wahyu 12:12), Dua saksi khusus dari Perjanjian Lama (Wahyu 11:3), Antikristus (2 Tes 2:3), Nabi Palsu (13:11), Sejumlah besar malaikat yang akan melaksanakan pekerjaan Allah, 144.000 yang dimeteraikan dari suku-suku Israel (Wahyu 7:1-8), Tentara Iblis yang menyerupai belalang dari lubang tanpa dasar (Wahyu 9:2,3), Tentara Iblis berkuda dari sungai Efrat (Wahyu 9:16), Tiga Roh jahat (Wahyu 16:13,14), Penguasa yang gila kekuasaan dari utara (Yeh 38:1-3), Empat perempuan simbolik (Wahyu 12:1 ;17:3-5 ; 18:2-7 ; 19:7,8), dan Prajurit yang hebat dari surga (Wahyu 19:11,16)
            Secara umum Masa Kesusahan Besar ini dibagi dalam tiga bagian yaitu Bagian Pertama dari Masa Siksaan atau 3 ½ tahun pertama. Didalamnya terdapat beberapa peristiwa antara lain Organisasi resmi dari gereja pelacur besar (Babel besar dalam Wahyu 17:15) menjelma, munculnya antikristus dan nabi palsunya (buku ini mendeskripsikan pribadi antikristus dengan sangat jelas), kebangkitan kembali Kerajaan Romawi Wahyu 13:1), Perjanjian 7 tahun antara Israel dengan antikristus (Daniel 9:27), pencurahan hukuman dari 6 meterai pertama (Wahyu 6:1-17), Pembangunan kembali Bait Suci ketiga, dan beberapa peristiwa lainnya. Sedangkan pada bagian Pertengahan dari Masa Siksaan, masa ini merupakan bagian akhir dari periode 3 ½ tahun pertama. Pada masa ini akan ditandai dengan beberapa peristiwa besar antara lain: Penyerbuan Gog dan Magog ke Palestina (Yeh 38-19), Pelayanan dan kematian dua saksi (Wahyu 11:1-14), Pengusiran siular naga tua yang dari langit (Wahyu 12:3), dan Kehancuran gereja palsu (Wahyu 17:16)., Bagian Terakhir dari Masa Siksaan ini merupakan bagian yang terberat yang didalamnya ada peristiwa-peristiwa besar antara lain: Perwujudan penuh antikristus, Penganiayaan atas Israel yang menyangkut seluruh dunia (Wahyu 12:1), Pencurahan hukuman materai terakhir (Wahyu 8,9; 11:15-19), Pencurahan dari Tujuh Cawan (Wahyu 14-16), Kehancuran Babel dalam bidang Politik maupun Ekonomi (Wahyu 18), serta Penumpahan Darah Besar-besaran di Harmagedon (Wahyu 19).
KRISTUS DATANG KE DUA KALI         
Setelah peristiwa perang Harmagedon sekaligus yang merupakan peristiwa Kedatangan Tuhan Yesus ke Dua Kali sekaligus juga menjadi peristiwa paling agung yang pernah terjadi di bumi. Dimulai dengan berbagai penampakan yang menakutkan di langit (Mat 24:29; Luk 221:25,26). Ditengah-tengah itu semua langit terbuka dan Yesus muncul (Mat 24:30; 2 Tes 1:7; Wahyu 1:7; 19:11). Tuhan Yesus menjejakkan kaki-Nya di bukit Zaitun dan menyebabkan gempa bumi yang dahsyat (Zak 14:4-8). Sesudah menjejakkan kaki-Nya di bukit Zaitun, Kristus menuju ke Petra dan Bozra untuk mengumpulkan sisa-sisa Israel dan berjalan menuju Harmagedon (Yes 34:6; 63:1). Dengan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua ini ada berbagai hal yang terjadi, antara lain: Untuk mengalahkan antikristus beserta bangsa-bangsa di dunia yang berkumpul pada perang Harmagedon (Wahyu 19:17-21). Untuk mengumpulkan kembali, memperbaharui, dan memulihkan umtat Israel yang setia (Yes 43:5-6). Untuk menghakimi dan menghukum umat Israel yang tidak setia (Roma 9:6), dan hal ini menegaskan bahwa tidak semua yang berasal dari Israel adalah juga orang Israel (Roma 11:26) Untuk memisahkan kambing dan domba atau penghakiman orang kafir yang bertahan hidup melewati masa sengsara (Matius 25:31-46) Untuk mengikat Iblis (Wahyu 20:1-3) Untuk membangkitkan orang-orang kudus dari zaman Perjanjian Lama dan dari masa siksaan (Daniel 12:2; Wahyu 20:4-5)
MENUJU KEKEKALAN
            Segera setelah kedatangan-Nya yang kedua kali dimulainya Kerajaan Damai Seribu Tahun. Dan Kristus sebagai Raja diatas segala raja akan memerintah.pada masa inilah segala berkat-berkat Allah dapat dinikmati secara sempurna. Bahkan dosa ditekan sampai tingkat nol. Manusia dan Allah memiliki persekutuan yang sempurna. Yerusalem akan menjadi pusat Kerajaan Damai ini.
Setelah masa 1000 tahun itu berakhir, iblis akan dilepaskan dari penjaranya dan ia akan pergi menyesatkan bangsa-bangsa, mengumpulkan mereka dalam jumlah besar dan mengepung perkemahan tentara orang-orang kudus dan kota yang dikasihi itu (Why.20:7-9). Inilah Pemberontakan Terakhir Iblis yang kemudian berakhir dalam perang terakhir Gog Magog. Setelah itu menyusul kemudian Pengadilan Takhta Putih dalam Wahyu 20:11-15), yang akan menghakimi semua orang yang bangkit pada kebangkitan kedua. Iblis dan pengikut-pengikutnya dimasukkan kedalam neraka. Langit dan Bumi yang ada sekarang ini akan dihancurkan dan Tuhan menciptakan Langit dan Bumi yang Baru (Wahyu 21:1). Kemudian umat Tuhan akan memasuki masa kekekalan bersama dengan Allah di surga. Dimana tidak adalagi: laut, airmata, maut, dukacita, matahari atau bulan, keadaan tidak aman, dosa, penyakit, kutuk, rasa haus, lapar dan panas. Semua penderitaan ini akan dilenyapkan diganti dengan: Kemuliaan (Wahyu 21:23), Kekudusan (Wahyu 21:27), Keindahan (Mazmur 50:20), Terang Ilahi (Yesaya 60:1-3), Persatuan (Efesus 1:16), Kesempurnaan (1Korintus 13:10), Sukacita (Mazmur 16:11) serta Kekekalan  (Yohanes 3:15).
APLIKASI PRIBADI          
Itulah ringkasan rencana agung Allah pada akhir zaman nanti, seperti dalam buku ini. Kapan terjadinya peristiwa itu terjadi, tentu semuanya ada dalam rencana Tuhan. Tidak ada yang tahu kapan waktunya, Tuhan hanya mengatakan tanda-tanda kedatangan-Nya. Dan yang terpenting bagi umat Tuhan sekarang adalah mempersiapkan diri untuk menghadapi hari yang besar itu.
            Saya pribadi merasakan semangat yang baru dalam kehidupan spritual ketika mempelajari topik akhir zaman ini. Pada akhir zaman nanti ada tantu saya mengimani bahwa diri saya ikut mengalami pengangkatan atau merupakan orang yang mengalami kebangkitan pertama. Mengingat dahsyatnya penderitaan yang dibawa oleh Antikristus bagi orang percaya yang tidak ikut mengalami pengangkatan. Sebab itu saya harus memperhatikan kehidupan rohani saya, menjalin hubungan yang intim dengan Tuhan. Semakin giat dalam pelayanan yang Tuhan percayakan kepada saya. Dan juga terbeban bagi jiwa-jiwa yang belum menerima Kristus sebagai penebusnya.
Spritual Digest dari buku ESKATOLOGI
Pengarang   : H. I. Willmington
Penerbit      : Gandum Mas
Halaman     : 418

Popular Posts

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *