http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

TIGA GOLONGAN DALAM GEREJA AKHIR ZAMAN




http://www.pustakakristen.com/2016/04/tiga-golongan-dalam-gereja-akhir-
Teks: Yudas 1: 17-23

PENDAHULUAN
Pada masa kini seringkali anggota jemaat terbagi-bagi dalam berbagai kelompok. Ada yang berdasarkan bidang pelayanan, berdasarkan umur, dan lain-lain. Namun itu bukanlah sesuatu yang salah, sepanjang tujuannya sama yaitu untuk melayani Tuhan. Dalam Alkitab juga dikatakan bahwa tubuh Kristus (gereja) dibangun dari berbagai perbedaan, beragam. Memang sepanjang sejarah gereja, dibangun dari kemajemukan (latar belakang).
Keanekaragaman dengan tujuan yang sama memang indah, tetapi bagaimana kalau perbedaan ini karena rohani yang tidak sehat? Apakah gereja hanya terbagi-bagi dalam kelompok yang positif? Bagaimanakah kelompok-kelompok dalam gereja itu memberi dampak? Dan dimanakah posisi terbaik bagi kita?. Persoalan inilah yang akan bahas berdasarkan firman Tuhan dalam Yudas 1:17-23. Supaya kita memposisikan diri kita dengan benar dan memberikan dampak positif dalam jemaat Tuhan.

TIGA GOLONGAN DALAM GEREJA
Berdasarkan Yudas 1:17-23 ada tiga golongan/kelompok dalam gereja yang muncul pada masa itu, antara lain:

1. Pengejek-pengejek yang tampil pada akhir zaman (ay.18-19)
Ciri-ciri mereka adalah:
  • Hidup menuruti hawa nafsu kefasikan
  • Pemecah-belah yang dikuasai oleh keinginan-keinginan duniawi
  • Yang hidup tanpa Roh Kudus
Kehidupan yang seperti ini akan merusak bahkan menghancurkan banyak hal dalam gereja. Pertama-tama akan merusak pelayanan gereja, program-program gereja, dan bahkan menghambat pembangunan Tubuh Kristus. Mereka ada didalam gereja sebagai penyusup-penyusup (Yudas 4). Bagaikan duri dalam daging (sakit dan harus dicabut)
Aplikasi: Bagaimana dengan posisi saudara, sudahkah kita produktif dalam gereja ini atau sebaliknya? Kita harus memeriksa diri kembali, sambil meyakinkan diri bahwa kita bukan golongan ini. Kalaupun ada tanda-tanda sifat itu dalam diri kita masih ada waktu untuk bertobat.

2. Saudara-saudaraku yang kekasih (ay.20-21)
Kata “saudara” artinya yang segolongan dengan Yudas sendiri! Ini adalah golongan yang mau dan sedang dikerjakan oleh Roh Kudus. Ada beberapa cirinya.
  • Membangun diri diatas dasar iman yang paling suci.
  • Berdoa dalam Roh Kudus
  • Memelihara diri dalam kasih Allah: Ayat pendukung: Ezra 3:10-13; Efesus 2:21)
Dan pada akhirnya upah mereka yang termasuk dalam golongan ini adalah kehidupan kekal.
Aplikasi: Inilah tempat/posisi yang tepat bagi setia orang percaya. Memberi diri dibangun untuk kehidupan yang kekal.

3. Golongan “mereka yang ragu-ragu” (ay. 22-23)
Yang menjadi permasalahan kelompok ini adalah keraguraguan. Firman Tuhan katakan orang yang bimbang bagaikan gelombang lautan yang tidak tenang, merek tidak akan mengalami ketenangan hidup.
Dalam bagian nats ini juga dinyatakan bagaimana sikap orang percaya terhadap golongan yang ragu-ragu ini.
  • Menunjukkan kasih
  • Selamatkan 
  • Benci pakaian mereka. Ayat pendukung: Yakobus 1:6-6; Ibrani 10:23-24
KESIMPULAN DAN TANTANGAN

  • Ketiga golongan ini dihubungkan dengan pembangunan Tubuh Kristus akan menghasilkan hal yang berbeda-beda. Golongan yang pertama akan menghancurkan dan menggagalkan pembanguna itu. Golongan yang ketiga tidak akan mengalami kemajuan, bahkan akan mengalami kemunduran dalam hal pembangunan rohani. Tetapi golongan yang ketiga akan mengalami pertumbuhan rohani, dan bangunan rohani itu semakin hari akan menampakkan wujud yang sesungguhnya.
  • Tentukan dipihak mana engkau menempatkan dirimu. Kalau belum pada tempat yang Tuhan inginkan (kelompok yang membangun diri) maka ini saatnya berubah, dan berbalik kepada Tuhan. Selalu ada kesempatan untuk kembali kepada Allah.

Popular Posts

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *