http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

NUBUATAN MESIANIK DALAM KITAB YESAYA

Pendahuluan 

            Mesias berasal dari kata masyiakh, suatu kata sifat yang berarti ‘diurapi’. Diterjemahkan dalam bahasa Yunani menjadi khristos, dan dari kata ini timbul kata “Kristus” dan Kristen. Jadi kata Mesias dan Kristus memiliki arti yang sama Kedatangan Mesias sudah sejak lama dinubuatkan oleh para nabi-nabi. Mulai dari kitab Kejadian (3:15) kedatangan Mesias sudah diberitahukan. Hampir semua kitab dalam Perjanjian Lama menyinggung tentang Mesias yang akan datang.
            Kitab Yesaya adalah kitab yang menubuatkan Mesias secara lengkap. Mulai dari asal-Nya, lahir-Nya, pelayanan-Nya, bahkan sampai kepada pemerintahan-Nya yang kekal. Ketika kita melakukan studi terhadap kitab ini, kita akan menemukan gambaran yang jelas mengenai Pribadi Mesias. Banyak teolog yang menyatakan kitab ini adalah miniatur Alkitab. Yang memaparkan pekerjaan Allah dari sejak sejarah awal manusia sampai pada berakhirnya sejarah itu di Kerajaan Damai. Dan memang fokus nubuatan dalam kitab ini adalah pembaharuan atas sejarah manusia yang dikerjakan oleh Mesias. Mesia menjadi pusat nubuatan dalam kitab Yesaya.
            Nabi Yesaya menyampaikan nubuatannya pada tahun 740-701 SM. Yesaya hidup pada zaman yang sangat penting dalam periode sejarah bangsa Yehuda. Dia menjadi nabi pada masa pemerintahan raja Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia. Ditengah-tengah pergolakan politik yang terjadi dan ancaman penyerbuan Asyur dan Babel yang menjadi penguasa dunia pada masa itu. Pada pertengahan pelayanan Yesaya kerajaan Israel jatuh ketangan Asyur (720 SM). Yesaya meninggal kira-kira 100 tahun sebelum Yehuda dibuang ke Babel.


Kedatangan-Nya akan didahului oleh seorang Nabi (Yesaya 40:3) 

Pribadi yang dimaksud dalam nubuatan ini terutama merujuk kepada Yohanes Pembaptis, yang akan datang dan mempersiapkan jalan bagi pelayanan Mesias. Namun inti dari nubuatan itu adalah menuju kepada suatu Pribadi yang lebih besar yang kedatangannya membawa keselamatan bagi manusia, itulah Sang Mesias itu.
Penggenapan. Dalam kitab Injil, Yohanes Pembaptis mengutip ayat ini untuk menyatakan siapa dirinya (Matius 3:3; Markus 1:1-3). Dan Yohanes Pembaptis memberitakan dan mempersiapkan jalan bagi Mesias. Dan itulah yang terjadi ketika Yesus
datang dan dibaptis oleh Yohanes.

Kelahiran/Inkarnasi-Nya dari seorang Perawan (Yesaya 7:14-16; 9:5)

Nubuatan tentang kelahiran Mesias yang disampaikan Yesaya kepada Raja Ahas. Dia akan lahir dari seorang perempuan muda (seorang perawan) “עַלְמָה `almah”, nama-Nya adalah IMANUEL yang berarti Allah beserta kita. Pemberitaan tentang kelahiran-Nya yang ajaib (Yes 9:5) Dia akan lahir sebagai anugerah untuk semua orang.
Penggenapan nubuatan ini dapat kita lihat pada kitab-kitab Injil. Matius 1:18-25 memaparkan penggenapan nubuatan kelahiran Mesias yang luar biasa. Dikandung dari Roh Kudus dan lahir dari perawan bernama Maria. Dan nama-Nya adalah IMANUEL.

Nama-Nya dinubuatkan (Yesaya 7:14; 9:5)

Dalam ayat ini telah di beritahukan juga nama yang akan dipakai oleh Mesias. Nama ini sekaligus juga merupakan kuasa yang ada pada-Nya.
- Imanuel (7:5) yang berarti Tuhan menyertai kita. Dalam nama ini terkandung kuasa dan pekerjaan Tuhan bagi umat-Nya. Tidak ada Pribadi yang mampu melakukan pekerjaan seperti ini kecuali Allah sendiri. Penggenapannya adalah dalam Matius 1:23 dalam Pribadi Tuhan Yesus Kristus.
- Mesias itu juga adalah Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, dan Raja Damai. Penggenapan keempat nama ini dapat kita lihat penggenapannya dalam Perjanjian Baru, baik pada saat kehidupan Yesus dibumi maupun masa yang akan datang (eskatologis) digenapi dengan peran dan pekerjaan yang dilakukan-Nya. Pribadi Mesias yang memiliki nama diatas segala nama (Filipi 9-10)

Asal-usul Keluarga-Nya ( Yesaya 11:1-10)

Dia berasal dari keturunan Isai, ayah Daud. Muncul sebagai tunas ditengah-tengah keputusasaan bangsa Israel. Pribadi yang luar biasa yang memiliki kriteria sebagai penguasa kekal. Roh Tuhan ada pada-Nya, hikmat, dan keperkasaan ada pada-Nya. Pengenalan dan takut akan Tuhan menjadi makanan-Nya. Karena tugas kedudukan Mesias itu sebagai Raja yang akan datang, maka garis silsilah dari keluarga raja sangat penting. Pribadi Tuhan Yesus memiliki garis keturunan para raja.
Isai adalah nenek moyang raja-raja Israel, khususnya Yehuda. Ayat di atas menegaskan bahwa Kristus yang akan datang itu berasal dari keturunan Isai.
Penggenapan: Nubuatan ini digenapi dalam Pribadi Tuhan Yesus. Kita bisa lihat dalam garis silsilah di Matius 1:1-17 dan Lukas 3:23-38. Sebutan sebagai anak Daud melekat pada Yesus.

Hubungan-Nya dengan Bapa (Yesaya 49:1-7)

Nubuatan dalam ayat-ayat ini mengungkapkan hubungan Sang Mesias dengan Allah Bapa. Kesatuan dan hubungan kerja-Nya dengan Bapa. Disebutkan bahwa Mesias bahwa akan mengerjakan pekerjaan yang diberikan Bapa. Dan Dia akan mempermuliakan Bapa dalam segala pekerjaan-Nya
Penggenapan nubuatan ini dapat kita lihat dalam perkataan dan karya Kristus. Dalam Yohanes 4:34 Tuhan Yesus mengatakan “makanan-Ku adalah melakukan kehendak Bapa dan menyelesaikan pekerjaan-Nya. Dan dalam Yohanes 14:12-14 bahwa Allah Bapa dipermuliakan dalam Pribadi Anak atau Mesias itu.

Mujizat-Nya (Yesaya 35:5-6)

Dalam ayat-ayat ini disebutkan perbuatan-perbuatan besar yang dikerjakan oleh Mesias. Beberapa mujizat yang di perbuat-Nya yang disebutkan dalam ayat ini antara lain: yang buta dicelikkan, yang bisu berbicara, yang lumpuh bisa berjalan, yang tuli mendengar, kedamaian, keubahan hidup, dan lain-lain. Dalam sejarah nabi-nabipun belum ada nabi yang melakukan banyak mujizat seperti yang dibuat oleh Tuhan Yesus.
Penggenapan. Sepanjang pelayanan Tuhan Yesus, Dia membuat begitu banyak mujizat. Dia berkuasa atas penyakit, berkuasa atas alam, berkuasa atas kematian. Kuasa-Nya mengatasi segala hal. Dan Tuhan Yesus dikenal sebagai pembuat mujizat. Sebab setiap Dia mengajar selalu disertai dengan mujizat. Bisa kita lihat dalam empat Injil.

Pengajaran-Nya (Yesaya 61:1-3)

Nubuatan yang menunjukkan bahwa Mesias yang akan datang membawa berita sukacita. Berita yang disampaikan dengan pengurapan kuasa Roh Kudus. Injil itu akan membebaskan orang dan mengubah yang menerimanya menjadi manusia baru. Yang sengsara, remuk hati dan yang tertawan akan menerima pertolongan, lewat berita yang dibawa oleh Mesias.
Penggenapan. Nubuatan ini digenapi dalam seluruh pelayanan Tuhan Yesus. Dalam setiap pengajaran-Nya selalu membawa keubahan bagi yang mendengar dan menerima Firman-Nya, bahkan sampai pada hari ini. Bahkan Yesus mengutip ayat ini ketika Dia mengajar dan mengadakan mujizat di Nazareth (Lukas 4:18-21)

Pelayanan-Nya kepada orang kafir 8:23 ; 9:1-2

Sejak zaman dulu bangsa-bangsa menolak pengenalan akan Tuhan. Mereka mencari dan menciptakan allah-allah untuk disembah. Karena penolakan akan Allah yang sejati, maka bangsa-bangsa tinggal dalam kegelapan rohani dan berjalan menuju kepada penghukuman.
Namun Allah tidak membiarkan bangsa-bangsa menuju kebinasaan. Dalam nubuatan yang disampaikan nabi Yesaya, telah diberitakan kelahiran Raja Damai yaitu Mesias itu sendiri. Nubuatan ini juga menyatakan bagaimana Dia akan membebaskan bangsa-bangsa dari kegelapan dan perbudakan dosa. Keselamatan yang besar telah datang kepada bangsa yang bukan bangsa pilihan. Hal ini juga sekaligus menyatakan bahwa Tuhan mengasihi semua bangsa.

Penderitaan dan Kebangkitan-Nya 50:6; 52:14; 53:1-10

Pasal 52 dan 53 adalah nubuatan terbesar tentang pengorbanan Kristus di kayu salib. Pada bagian ini secara rinci Nabi Yesaya memberikan perincian proses sengsara yang akan dialami oleh Tuhan Yesus. Dan yang menakjubkan dari nubuatan ini memberikan rincian yang sangat jelas tentang cara dan bagaimana Mesias akan mati, serta menyebutkan makna kematian-Nya.
- Rupa-Nya yang begitu buruk (52:14) dalam ayat ini menyebutkan keadaan fisiknya yang begitu menyedihkan. Bagaikan anak domba yang dibawa kepada pembantaian Dia di dilukai sampai hancur sedemikian rupa.
- Penghinaan dan penderitaan yang dialami Mesias menjelang kematiannya (53:2-3) Ini berbicara tentang bagaimana Tuhan Yesus diperlakukan sebelum Ia disalibkan. Dia dipukul, diludahi, diolok-olok, dan berbagai penghinaan lainnya.
- Makna penderitaan-Nya (53:4-5,10) Yesus berkata kepada Bapa, pada waktu Dia disalibkan “mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat”. Memang itulah kenyataanya, mereka menganggap Dia dihukum karena kejahatan-Nya. Namun mereka tidak tahu bahwa Dia mati justru karena dosa dan kejahatan mereka (manusia berdosa)
- Dia tidak membela diri saat disiksa (53:7) Dia tidak mencoba membenarkan diri atau melepaskan diri dari derita yang Dia alami. Namun dengan taat Dia menanggung penghukuman itu dengan penuh ketaatan (Filipi 2:8)
- Penyaliban-Nya diantara para penjahat (53:9) Salib merupakan penghukuman bagi para penjahat. Dan diantara para penjahat Mesias akan di bunuh. Ini mengingatkan kita kepada peristiwa ketika Yesus disalibkan diantara dua orang penjahat.
- Kemenangan Mesias setelah penderitaan-Nya (53:11-12) Merupakan nubuatan bahwa Mesias tidak akan selamanya menderita. Tetapi sesudah kematian-Nya, Dia akan bangkit dan akan dipermuliakan di bumi dan di sorga.
Penggenapan.
Rincian-rincian peristiwa yang dinubuatkan diatas sungguh menakjuban karena penggenapannya yang sangat akurat. Semua nubuatan ini digenapi dalam Pribadi Kristus, dan dapat kita baca pada keempat Injil.

Nubuatan KenaikanNya

Nubuatan : “Sesungguhnya, hamba-Ku akan berhasil, ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan “.Yesaya 52:13-14, menubuatkan bahwa Anak Manusia yang telah mengalami banyak penderitaan dan siksaan sehingga bentuk rupaNya bukan seperti manusia lagi, kini telah naik ketempat yang tinggi dan atas penderitaanNya Ia ditinggikan, disanjung dan dimuliakan.
Penggenapan : Atas segala penderitaan yang ditanggung oleh Yesus Kristus, maka kini Ia ditinggikan oleh Allah dan mengaruniakan kepadaNya nama atas segala nama. Hal ini menunjuk dalam kenaikanNya ke surga yang digenapi dalam Filipi 2:9-11. Dalam kenaikanNya ke surga, maka segala makhluk akan bertekuk lutut yang yang ada diatas bumi dan yang dibawah bumi akan mengaku bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan. 

Pemerintahan Milenial-Nya  

(Yesaya 4:2-6; 11:3-5; 32:1; 33:22; 42:4-7; 49:1-12; 59:16-21). Yesaya 4:2-6 menubuatkan kepermaian dan kemuliaan Yerusalem ketika Mesias (tunas yang ditumbuhkan Tuhan) datang dan memperbaharui Yerusalem nantinya. Pada Yesaya  11:3-5, nubuatan ini diteguhkan dan bukan hanya di Yerusalem akan tetapi seluruh bumi. Nubuatan ini akan digenapi pada masa Kerajaan Damai yang akan datang, dimana Mesias sendiri yang akan menjadi Raja. Visi tentang masa yang akan datang (Eskatologi) ini menggambarkan seluruh bumi akan hidup dalam damai dan keadilan. Umat manusia akan menyukai pengenalan akan Tuhan. Tidak ada lagi penumpahan darah. Ada keharmonisan yang luar biasa antara manusia dan alam. Semua hal ini akan terjadi pada waktu Mesias menjadi Raja.
Penggenapan. Memang nubuatan ini masih belum tergenapi, tetapi dalam Perjanjian Baru nubuatan ini semakin diteguhkan. Dan disebutkan waktu penggenapannya sudah tidak akan lama lagi. Banyak ayat-ayat pendukung dalam Perjanjian Baru, namun dapat kita simpulkan dari Wahyu 22:20 “ya AKU datang segera”. Amin datanglah Tuhan Yesus! SOLI DEO GRATIA
 
Bahan Bacaan untuk NUBUATAN MESIANIK DALAM KITAB YESAYA  
Pfeiffer, Charles F. Tafsiran Alkitab Wycliffe. Gandum Mas. Malang. 2005
Guthrie, Donald. Tafsiran Alkitab Masa Kini 2. YKBK/OMF. Jakarta. 2006
Walvoord, John F. Yesus Kristus Tuhan Kita. YAKIN. Surabaya.

Popular Posts

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *