http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

AKU Datang untuk Engkau (Lukas 5:27-32)



PENDAHULUAN
Desember adalah bulan yang begitu meriah bagi banyak orang. Orang pada umumnya menghubungkannya dengan Natal. Menyambut kedatangan Yesus Kristus di dunia. Bagi sebagian orang natal akan dihubungkan dengan hari libur. Tidak heran pada bulan-bulan ini akan banyak perayaan, pesta-pesta, belanja-belanja, dan lain-lain. Memang natal adalah hari dimana kita memperingati Kristus yang telah datang di dunia ini. Tidak salah untuk dirayakan dengan penuh suka cita. Tetapi yang terpenting adalah, jangan sampai kita lupa tujuan kedatangan Tuhan itu. Supaya jangan kita larut dalam sukacita sesaat dan lupa arti penting Tuhan datang di dunia. Mengapa Yesus harus datang kedunia ini?
Mari kita perhatikan apa yang dikatakan dalam Lukas 5:27-32, yang menjelaskan mengapa kedatangan Tuhan Yesus begitu penting bagi kita manusia.

1. Karena penyakit kita.
 Semua kita pernah mengalami sakit. Baik sakit secara fisik maupun sakit secara psikis (rohani). Pada masa kini orang banyak mencari dokter atau psikolog untuk mendapatkan kesembuhan. Memang untuk sesaat penyakit itu hilang. Tetapi pada akhirnya akan datang penyakit dan masalah yang lain. Jadi situasi ini tidak akan berhenti dalam hidup ini.

Eksposisi
    1. Tuhan katakan "bukan orang sehat yang membutuhkan tabib, tetapi orang sakit". Bagaimana dengan kita adakah diantara kita yang sehat 100%.
    2. Sakit adalah κακῶς dalam bahasa Yunani memiliki pengertian tidak menyenangkan, menyedihkan, miskin sengsara, penyakit, buruk (physically and morally). Bukankah ini adalah keadaan hidup kita. Mungkin kita tidak memiliki masalah dengan kesehatan kita (walaupun beberapa dari kita harus mengalaminya), tetapi bagaimana dengan keadaan hati kita, pikiran kita, rohani kita?. Semua membutuhkan tabib segala tabib.
    3.  
    4. Tahukah kita apa yang dialami oleh Lewi dengan statusnya sebagai seorang pemungut cukai? Masyarakat pada masa itu memberi cap bagi pemungut cukai sebagai orang berdosa (ay.30 pemungut cukai disetarakan dengan orang berdosa), pengkhianat bangsa, dan status jelek lainnya. Dia tersakiti, menderita, tidak menyenangkan bagi kaumnya, dll. Seolah-olah tidak ada lagi yang mampu menyelesaikan masalahnya.
    5.  
    6. Tetapi Tuhan Yesus datang dan katakan "Aku datang…" Apa keadaanmu sekarang, dan bagaimanapun itu Kristus datang untuk engkau. Kata ἐλήλυθα (KK.Perpect.Actv.Indicatif dari kata ἔρχομαι) memiliki pengertian bahwa kedatangan-Nya sudah selesai (terlaksana) dan pengaruhnya berjalan terus menerus. Beberapa waktu lamanya sejak Kristus datang dalam hidup kita masing-masing, apakah pengaruhnya masih ada. Bandingkan dengan Lewi in, ketika Yesus datang buat dia, dia tidak pernah kembali menjadi pemungut cukai. Tetapi sampai matinya dia menjadi rasul Kristus.
    Ketika kita sakit yang kita lakukan adalah mencari kesembuhan dengan datang kedokter, atau siapapun yang bisa menolong kita. Tetapi Kristus tidak menunggu kita , justru Dia yang mendatangi kita. Kristus datang kepada setiap pribadi. Saudara hanya perlu memberi respon yang tepat. Ketika Tuhan katakan kepada Lewi "ikutlah Aku" maka diapun berdiri, meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Dia. Bagaimana dengan kita, saat Tuhan mendatangi engkau, lewat firman ini, engkau perlu meninggalkan dosa-dosamu. Kalau tadinya masih menipu orang, serakah dengan tinggalkan itu, jangan perbuat lagi. Itulah langkah yang tepat dalam mengikut Tuhan. Memberikan kesehatan rohani bagi manusia dalam kehidupan didunia ini, adalah tujuan kedatangan Tuhan. Tetapi apakah hanya itu makna kedatangan Tuhan Yesus? Ternyata tidak! Tuhan datang karena persoalan manusia yang lebih serius.

    2. Karena persoalan dosa kita
    Dosa merupakan masalah yang besar bagi manusia. Karena akibatnya yang fatal, manusia putus hubungan dengan Tuhan dan menuju kepada penghukuman kekal!
    Eksposisi

    • Tuhan datang bukan untuk memanggil orang benar tetapi orang berdosa.
    • Adakah diantara kita yang berani menyatakan dirinya benar dihadapan Tuhan. Mungkin didepan manusia kita seringkali bersikap kita yang paling benar, tetapi Tuhan katakan tidak ada yang benar dihadapan Allah (Roma 3:10), semua orang sudah orang telah berbuat dosa, dan dibawah ancaman hukuman maut.
    • Itu adalah kehidupan Lewi, pemungut cukai ini, bahkan juga orang Farisi dan ahli Taurat yang merasa dirinya benar (ay.30) semua orang berdosa. Demikian juga dengan kita semua, tidak ada yang benar dihadapan Allah, walaupun kita merasa benar. Dosa yang mengakibatkan kita dalam ancaman hukuman.
    • Tetapi puji Tuhan! Dia datang "Aku datang mencari orang berdosa" Kristus datang untuk kita yang berdosa. Inilah sukacita yang besar itu. Seharusnya setiap perayaan natal selalu dihubungkan dengan hal ini.
    • Jangan kita lupa kedatangan Tuhan mencari kita harus kita respon dengan "supaya mereka bertobat" Artinya kita perlu bertobat, sebagai tanda kita sudah menyembut kedatangan Tuhan itu. Bertobat dalam istilah Yunani adalah μετάνοιαν adalah berbalik dari tingkah laku yang dulu atau berubah pikirannya. Itulah yang harus kita kerjakan dalam rangka menerima kedatangan Tuhan.
    Ketika seorang pejabat datang berkunjung ke daerah, maka acara penyambutan yang sedemikian rupa akan disiapkan. Diusahakan supaya berkenan dengan hati pejabat tersebut. Apa yang sudah saudara kerjakan untuk menyambut kedatangan Kristus itu? Bertobat, adalah respon yang harus kita perlihatkan dalam menyambut Tuhan yang datang ditengah-tengah kita. Berubah dari pikiran-pikiran yang jahat, kotor dan menipu. Pikiran ini diisi dengan hal-hal yang baik, dan yang berkenan kepada Kristus yang datang itu.
     
    TANTANGAN
    Sudah sangat jelas, bahwa Tuhan yang memulai hal yang baik bagi kita. Dia datang untuk menyelesaikan masalah penyakit kita, Dia juga datang untuk menyelesaikan masalah dosa kita. Bukan kah ini suatu hal yang luar biasa. Maukah saudara menyambut dia saat ini. Maukah saudara meninggalkan dosa-dosamu untuk mengikut Dia? Maukah saudara membuang pikiran yang sia-sia dan menggantinya dengan memikirkan perkataan-perkataan Tuhan? Tentukanlah pilihanmu sekarang. Tuhan Yesus memberkati. Arjuna LB.



      1 komentar:

    Popular Posts

    Hubungi Kami

    Nama

    Email *

    Pesan *