http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

APA MAKNA KEBAKTIAN GEREJA YANG KITA IKUTI?

Setiap hari Minggu orang-orang Kristen berbondong-bondong datang ke Gereja. Menyisihkan waktu untuk beribadah dan berbakti kepada Tuhan. Meninggalkan segala kesibunnya untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Apa sih makna sesungguhnya ibadah itu??

Dalam Perjajian Baru ada empat istilah yang diterjemahkan dengan kata "menyembah" atau "berbakti." Istilah-istilah itu adalah: sebomai, yang mengandung perasaan takut atau gentar (Matius 15:9), latreuo, yang menunjuk kepada suatu upacara lahiriah (Kisah 7:42), threskeia, yang juga menunjuk kepada perbuatan lahiriah tentang beribadah (Kolose 2:18), dan proskuneo, yang berarti menyembah sujud (Matius 2:2). Secara umum, istilah-istilah ini mula-mula dipakai untuk menyatakan sikap hormat manusia kepada Allah. Namun dikemudian hari orang memperluas artinya. Arti berbakti adalah sebagai berikut:
  1. Suatu tanggapan manusia kepada Allah.
  2. Suatu dialog antara manusiadan Allah.
  3. Suatu tindakan aktif dari manusia yang ditunjukan kepada Allah.
  4. Suatu korban persembahan dari manusia kepada Allah
  5. Suatu perayaan atas segala berkat yang diterimamanusia dari Allah dan dikembalikan bagi kemuliaan-Nya.
Ada empat unsur kebaktian dalam Perjanjian Baru:
Pertama, doa. Bagi gereja yang mula-mula, doa sangat penting di dalam kebaktian mereka. Mereka lebih banyak berdoa daripada mengutamakan unsure-unsur lain dalam kebaktian mereka. Sikap berdoa yang ada pada waktu itu adalah "sujud" – Matius 26:39; "berdiri" Markus 11:5; "sujud" – Efesus 3:14; "menadahkan tangan" – 1 Timotius 2:8.

Kedua, Pujian. Ada banyak cara untuk menyatakan pujian, namun biasanya pujian dalam kebaktian dinyatakan dengan nyanyian (Markus 14:26; Kisah 16:25; Efesus 5:19, dan Kolose 3:16). Bermacam-macam alat music yang dipergunakan dalam kebaktian, memegang peranan yang besar dalam kebaktian di Bait Allah. Alat-alat music yang sudah dipergunakan pada waktu kebaktian di Bait Allah dan pada waktu gereja yang mula-mula tidak ada catatan mengenai hal itu.

Ketiga, Firman Allah. Pembacaan Firman Allah memegang peranan yang besar dalam kebaktian di rumah-rumah sembahyang dan rupanya gereja-gereja melanjutkan kegiatan ini ( I Timotius 4:13; Ibrani 4:12).

Keempat, Pengajaran dan nasihat. Biasanya bersama-sama dengan pembacaan Alkitab adapenerangan mengenai apa yang sudah dibacakan (Kisah 13:15; 1 Korintus 14:30-33). Ada unsure lain yang lama-kelamaan memegang peranan dalam kebaktian gereja, yakni persembahan.cara member persembahan rupanya lebih ditekankan oleh Alkitab daripada jumlahnya (2Korintus 9:7).


Apa tujuan ibadah dalam Perjanjian Baru? Pertumbuhan dan perkembangan para peserta kebaktian. Orang-orang Kristen harus bertumbuh dan berkembang di dalam hal-hal rohani. Melalui kebaktian dan menerima pelajaran mengenai asas-asas kepercayaan dan kebenaran (Efesus 4:11-15). Ibadah juga memimpin orang lain kepada Kristus. Hal yang terpenting dalam ibadah adalah kemuliaan Allah.
Tujuan yang utama dalam berbakti ialah untuk kemuliaan Allah (1Korintus 10:31 dan Efesus 3:20-21).



0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *