http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

Apakah Petrus Paus Yang Pertama?



Ungkapan Yesus kepada Petrus yakni "Engkau adalah Petrus dan diatas batu karang ini, Aku akan mendirikan jemaatKu" (Mat. 16:18) membuat para teolog katolik Roma mengatakan bahwa gereja memang didirikan atas dasar Kristus dan Petrus yang mana mengarah bahwa paus memegang wewenang tertinggi dalam gereja. Akan tetapi berdasarkan hal tersebut akan memunculkan berbagai pertanyaan, yakni adakah bukti dalam Alkitab bahwa wewenang Petrus dapat digantikan? Adakah suatu bahwa wewenang tersebuut telah dipindahkan kepada para uskup Roma? dan adakah dalam PB menunjukkan bahwa Petrus tidak mungkin salah dalam berbagai pernyataannya dan karunia itu juga telah dilimpahkan kepada para uskup Roma?


Berbagai pertanyaan tersebut tidak menghasilkan jawaban yang kuat mengenai kedudukan Paus. Hal tersebut dikarenakan mengingat keunggulan Petrus yang tidak jelas diungkapkan dalam perkataan Yesus tersebut, wewenang Petrus yang dapat dipindahkan/dilimpahkan kepada para Paus tidak mendapat dukungan ayat Alkitab serta tindakan Petrus yang tidak mungkin salah tidak dapat dibenarkan karena Paulus sendiri pernah menegornya karena mencemarkan kemurnian Injil (Gal. 2:11).

Dalam menguraikan masalah tersebut, Perjanjian Baru menjelaskan posisi kepemimpinan yang tertinggi adalah penatua atau penilik jemaat (paus), akan tetapi tidak menjelaskan bahwa paus menjalankan wewenang atas gereja- gereja lain termasuk menuntut kekuasaan atas seluruh kekristenan. Demikian juga halnya, Petrus menjelaskan bahwa dalam jabatan imam/ paus tidak untuk memperluas wewenangnya atas satu gereja termasuk semua gereja (1 Ptr. 5:2-3) dan dengan dengan demikian hanya Kristuslah yang mempunyai wewenang seperti itu.




0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *