http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

BEBERAPA MODEL KEPEMIMPINAN GEREJA




Pada dasarnya semua gereja yang ada di dunia ini dikelompokkan kedalam tiga bentuk pemerintahan gereja. Setiap golongan atau sinode gereja memikirkan dan merumuskan sistem yang tepat bagi gerejanya. Tentu setiap sistem memiliki keunggulan dan kelemahan. Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang tiga bentuk pemerintahan gereja.

  1. Episkopal merupakan bentuk pemerintahan gereja yang kepemimpinannya terpusat pada sekelompok uskup atau pemimpin. Model pemerintahan gereja seperti ini banyak dipraktekkan di gereja-gereja Protestan.
  2. Autokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana pemegang kepemimpinan tertingga ada pada satu orang. Contoh sempurna dari bentuk autokrasi ini adalah Roma Katolik dengan Paus sebagai pimpinan tertinggi. Artinya segala sesuatu yang dipercayai dan yang harus dilakukan jika berdasarkan perintah Paus.
  3. Presbiterial adalah bentuk pemerintahan gereja dimana yang memegang kekuasaan tertinggi tua-tua jemaat. Presbiterial, yakni bentuk pemerintahan yang dilaksanakan oleh para penatua yang mewakili jemaat. Para penatua tersebut merupakan majelis harian yang mengatur/ memerintah gereja.
Bahan Pertimbangan
Setiap model kepemimpinan memiliki kelebihan dan kekurangan. Alkitab menyebutkan pentingnya kepemimpinan dalam gereja mula-mula, dimana disebutkannya penatua-penatua di Yudea (Kis 11:29), sidang para pemimpin gereja di Yerusalem (Kis 15), pentingnya kepemimpinan dalam gereja (Titus 1:5). Tetapi menyangkut sistem kepemimpinan yang paling baik untuk diterapkan pada masa kini menurut saya adalah presbiterial, dimana kepemimpinan dalam gereja ada pada tua-tua jemaat. Karena inilah yang disebutkan pada jemaat mula-mula (Titus 1;5-7; Kisah 20:17,28)


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *