http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

IBADAH KAUM MUDA REMAJA YANG KREATIF DAN EFEKTIF

http://www.pustakakristen.com/2017/02/ibadah-kaum-muda-remaja-yang-kreatif.html
Liturgi adalah tata cara kebaktian, urutan-urutan acara dalam ibadah. Setiap gereja memiliki bentuk liturgi yang berbeda-beda, disesuaikan dengan dogma yang dianut gereja tersebut. Masalah yang sering terjadi dalam pelayanan pemuda remaja adalah pelayanan yang berfokus pada liturgi tadi. Sementara kaum muda remaja tidak memusingkan diri dengan dogma dalam gereja mereka. Yang mereka butuhkan adalah hati mereka dipuaskan dan mereka dapat menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan dalam hatinya. Untuk itu ibadah remaja tidak sekedar litugi namun memiliki syarat sebagai berikut: Baca juga Pelayanan Kaum Muda yang Kreatif


1. Kreatif

Dapat diartikan sebagai memenuhi daya cipta atau kemampuan menciptakan sesuatu. Kalau dihubungkan dengan ibadah remaja, maka pelayanan kaum remaja harus memiliki ide-ide yang baru, yang memiliki kualitas untuk diaplikasikan dalam ibadah remaja. Remaja itu pada umumnya senang dengan hal yang baru dan pola pikir seperti inilah yang perlu diwadahi dalam ibadah. Ide kreatif dapat di aplikasikan dalam puji-pujian, cara penyampaian Firman, dan lain-lain.


2. Komunikatif

Dapat diartikan sebagai keadaan yang saling berhubungan, mudah dipahami dan dimengerti. Hubungannya dengan liturgi ibadah remaja adalah cara penyampaian kebenaran kepada remaja harus dengan cara dan bahasa yang dapat dipahami oleh remaja. Ide-ide kreatif itu perlu diisampaikan dengan cara yang menarik serta sesuai dengan pola pikir seorang remaja. Ibadah remaja tidak sama dengan ibadah dewasa, demikian juga liturginya harus disesuaikan dengan tingkat umurnya. Banyak kaum remaja yang enggan ikut ibadah remaja karena melihat ibadah yang monoton dan tidak komunikatif sehingga tidak masuk akal bagi mereka.


3. Efektif

Dapat diartikan sebagai " membawa efek, dampak, dan hasil". Biasanya menghasilkan hal yang positif. Aplikasi pada ibadah remaja adalah liturgi yang disusun secara kreatif dan disampaikan secara komunikatif harus membawa dampak posifit dalam kehidupan remaja. Liturgi yang diatur sedemikian rupa bukanlah tujuan utama. Namun ibadah itu berdampak kepada kerohanian remaja. Dampak positif yang diharapkan adalah pertama para remaja merasakan ibadah itu adalah kebutuhan mereka, kedua iman mereka bertumbuh di dalam Kristus.




Variasi Ibadah Pemuda Remaja yang Kreatif

Berangkat dari pola pikir remaja dan segala kecenderungannya kita akan menyusun suatu pola ibadah. Pada dasarnya seorang remaja lebih tertarik dangan hal yang baru, unik , yang tidak monoton dan dapat mereka aplikasikan dalam keseharian mereka. Acara ibadah yang kreatif itu misalnya:


1. Musik/Puji-pujian

Tidak bisa dipungkiri bahwa musik adalah salah satu daya tarik bagi remaja. Oleh karena itu pemilihan musik yang cocok untuk pelayanan remaja akan memberikan dampak positif bagi kemajuan pelayanan remaja. Pujian bisa dipadukan dengan games atau gerakan-gerakan yang kreatif. Sehingga ibadah remaja lebih berwarna. Mereka sebaiknya dilibatkan dalam pelayanan musik atau paduan suara.


2. Kesaksian

Pada dasarnya seorang remaja ingin didengarkan. Mereka memiliki banyak hal untuk diceritakan, maka untuk menampung semua kesaksian mereka perlu dibuat wadah kesaksian. Ada baiknya dibentuk kelompok-kelompok kecil yang didalamnya mereka akan lebih leluasa untuk bicara.


3. Firman Tuhan

Jangan selalu disampaikan dalam metode khotbah, tetapi bisa disampaikan dalam berbagai metode yang relevan untuk kaum remaja. Misalnya melalui bermain peran, presentasi, atau diskusi. Banyak metode dalam menyampaikan kebenaran, yang penting penyampaian itu tidak lari pokok kebenaran.


4. Pemutaran film rohani

Pemutaran film rohani atau video kesaksian merupakan saran yang sangat efektif dalam memotivasi remaja. Lewat media ini mereka akan langsung mendengar dan melihat suatu yang nyata digambarkan bagi mereka.


5. Kuis Alkitab

Kuis Alkitab penting diadakan dalam ibadah remaja. Selain untuk mengetahui pengetahuan mereka, lewat kuis Alkitab mereka akan dipacu untuk lebih antusias dalam belajar Alkitab. Hal lain yang kita dapatkan dari kuis ini adalah mengajari kaum remaja untuk kerja dalam kelompok.


6. Diskusi/sharing

Diskusi atau sharing mewadahi para remaja yang memiliki pertanyaan tentang banyak hal dalam hidupnya. Selain itu diskusi ini akan mengajar remaja untuk mengeluarkan argumennya. Diskusi akan menjadi hal yang menarik bagi seorang remaja, karena didalamnya mereka merasa didengar.



 
 

Popular Posts

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *