http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

KAPERNAUM


Kapernaum adalah salah satu kota yang terletak di wilayah Galilea. Kapernaum adalah desa nelayan yang kecil disebelah utara Laut Galilea, kira-kira dua mil di sebelah barat sungai Yordan. Kota ini tidak pernah disebutkan dalam Perjanjian Lama. Nama Kapernaum berasal dari bahasa Ibrani kefar nakhum artinya "desa Nahum". Dalam bentuk bahasa Yunani namanya adalah Kapernaum. Pada zaman Tuhan Yesus kota ini cukup maju. Di kota ini terdapat kantor pajak yang merupakan pusatnya para pemungut cukai. Termasuk Matius adalah salah seorang pemungut cukai yang tinggal di sini. Selain itu kota ini merupakan basis militer Romawi.


Pemilihan Rasul-Rasul
Banyak hal yang Tuhan perbuat di Kapernaum. Pertama kali Tuhan memberitakan Injil Kerajaan Allah adalah di daerah Galilea, yang kemungkinan juga adalah Kapernaum. Murid-murid Yesus berasal dari daerah Galilea. Beberapa rasul berasal dari daerah sekitar Kapernaum. Mereka bekerja sebagai nelayan, dan Tuhan panggil pada waktu bekerja. Antara lain Simon Petrus, Andreas, Yakobus, Yohanes (Markus 1:16-20). Penduduk Kapernaum banyak bekerja sebagai nelayan, termasuk murid-murid yang Tuhan Yesus panggil dari daerah Galilea adalah nelayan. Matius Lewi adalah murid Tuhan yang bukan seorang nelayan. Dia adalah seorang pemungut cukai yang bekerja untuk pemerintah Roma di daerah Kapernaum. Di Kapernaum Tuhan Yesus mengajar dan memperlengkapi rasul-rasul. Kota ini men-jadi semacam home base Tuhan Yesus dan murid-murid-Nya, sepajang pelayanan-Nya di daerah Galilea. Inilah sebabnya Kapernaum disebut sebagai "kota-Nya sendiri". Hal ini mengacu pada pentingnya kota ini bagi karya-Nya. Bukan karena ada hubungan dengan asal-usul-Nya.


Mujizat Tuhan di Kapernaum
Selain memanggil dan memilih rasul-rasul, banyak hal lain yang Tuhan perbuat di Kapernaum. Disini Dia menyembuhkan ibu mertua Petrus (Matius 8:14-17) Pada waktu yang bersamaan juga dengan penyembuhan Ibu mertua Petrus, Tuhan Yesus mengadakan banyak mujizat. Mengusir roh-roh jahat dari orang yang kerasukan dan menyembuhkan yang sakit. Mujizat seperti ini belum pernah terjadi, sehingga ketika Tuhan Yesus mengadakan banyak mujizat, hal ini akan menggemparkan kota itu (Markus 1:27-28). Dan berita itu menyebar kemana-mana. Membuat semakin banyak orang mencari Tuhan Yesus. Selain itu Yesus juga menyembuhkan seorang yang sakit kusta (Markus 1:40-46) Tuhan Yesus juga menyembuhkan hamba seorang perwira Roma (Lukas 7:1-10). Ada hal yang menarik dari peristiwa penyembuhan hamba perwira ini. Sebab Yesus berkata bahwa Dia menemukan iman dari orang kafir. Yang sekalipun dari orang Israel, Tuhan tidak mendapatinya. Tuhan Yesus juga menyembuhkan seorang anak pegawai istana (Yohanes 46-54)


Tuhan Yesus mengajar di Kapernaum
Tuhan Yesus tidak hanya membuat mujizat di Kapernaum, tetapi hal yang terutama Dia kerjakan disana adalah mengajar dan memberitakan Injil (Markus 1:21-34, Lukas 4:31-36 ; Markus 1:32-34.). Yesus memulai mengajar di rumah-rumah ibadat yang ada di sana. Menurut Injil Markus, Dia mengajar sebagai orang yang penuh kuasa dan berotoritas. Di rumah-rumah ibadat Tuhan mengajar, hal ini terjadi setiap hari Sabat. Tuhan Yesus mengajar murid-murid selama beberapa waktu di Kapernaum. Dan Dia menyebarkan pengajaran-Nya keseluruh daerah Galilea melalui kota Kapernaum. Dengan kata lain Kapernaum di jadikan menjadi home basenya mereka.


Peristiwa Yesus berjalan di atas air.
Peristiwa Yesus berjalan di atas air, terjadi di Kapernaum (Yohanes 6:16-21). Peristiwa yang menunjukkan, bahwa Dia berkuasa atas alam. Dalam Yohanes 6:19 disebutkan bahwa air tempat Yesus berjalan tidak berapa jauh dari pantai Kapernaum.

Peristiwa Yesus membayar bea untuk Bait Suci
Hal lain yang Tuhan kerjakan di Kapernaum adalah membayar pajak baik dengan cara yang luar biasa (Matius 17:24-27). Membayar bea untuk Bait Suci adalah kewajiban orang asing yang tinggal di Israel. Namun Tuhan Yesus membayarkannya untuk diri-Nya dan murid-murid-Nya. Tuhan menyuruh Petrus untuk menangkap ikan, dan mengambil uang dari mulut ikan yang pertama di tangkapnya.
Pelajaran dari Kapernaum
Meskipun Kapernaum adalah pusat pelayanan Tuhan Yesus, namun Tuhan Yesus mengecam kota ini (Lukas 10:15). Padahal di kota menyaksikan banyak mujizat dan mendengar banyak pengajaran Tuhan Yesus. Dan yang penting adalah kota ini tidak menolak kehadiran Yesus. Namun karena ketidak-percayaan kota ini walaupun banyak tanda yang Tuhan buat, sehingga Tuhan Yesus mengecamnya.

Kapernaum Sekarang
Kota Kapernaum pada zaman dulu tentu sudah mengalami perubahan. Ada dua kota yang diperkirakan sebagai kota Kapenaum kuno, yaitu Tell Hum dan Khan Minyeh. Kedua kota ini berdekatan dan berada di tepi danau Galilea. Namun sesuai dengan perbandingan dan penemuan arkeologi Tell Hum lebih merepresentasikan Kapernaum kuno. Banyak peninggalan-peninggalan purbakala yang ditemukan di daerah Kapernaum. Misalnya reruntuhan sinagoge, dan bekas-bekas bangunan dengan corak Romawi. Di antara penggalian arkeologi di Kapernaum ditemukan beberapa rumah kuno yang salah satunya diklaim sebagai rumah Simon Petrus. Petrus memang tinggal di Kapernaum (Matius 8:14). Pada masa kini kota ini adalah salah satu tujuan wisata. Dengan keindahan kota dan peninggalan arkeologinya serta tanah pertanianya menjadi daya tarik kota Kapernaum masa kini.


0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *