http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

PELAYANAN DAN PELAYAN GEREJA

Ada banyak bentuk pelayanan (diakonia) dalam gereja. Beberapa bentuk pelayanan yang umum dijumpai di gereja-gereja Indonesia, antara lain: ibadah/kebaktian, pemberitaan Firman, persekutuan doa, bimbingan dan pengajaran rohani/katekisasi, penggembalaan, penginjilan, dan pelayanan sosial. Diatas semua bentuk-bentuk pelayanan tersebut, ada hal yang teramat penting yang harus kita ketahui, yakni prinsip-prinsip pelayanan gereja berdasarkan Alkitab. Sedikitnya ada empat prinsip dalam pelayanan gereja yang perlu kita perhatikan.

Pertama, pelayanan gereja berdasarkan pada pelayanan Kristus (Filipi 2:5). Pelayanan Kristus yang dimaksudkan di sini adalah pelayanan sebagai Anak, Hamba, dan Imam. Sebagai Anak dalam persekutuan Roh, kita melakukan pelayanan kepada saudara-saudar seiman (ke dalam) melalui pemeliharaan (penggembalaan) dan pembangunan (penggemblengan). Sebagai Imam dalam Kerajaan Imam, kita melakukan pelayanan kepada dunia (ke luar) melalui penginjilan.

Kedua, seluruh pelayanan gereja berasal dari pelayanan Kristus ( I Korintus 12:4-6). Dalam hal ini perlu dimengerti bahwa pelayanan gereja bukanlah milik kita sendiri, melainkan milik Kristus; pelayanan gereja bersifat kharismatis (diberikan oleh Allah dan bukan karena kebaikan kita), di dalam pelayanan itu tidak ada yang lebih mulia antara satu dan yang lain, tetapi semua pekerjaan merupakan satu pelayanan.

Ketiga, semua anggota gereja adalah pelayanan Tuhan, suatu imamat yang rajani (1 Petrus 2:9).

Keempat, setiap anggota gereja bertanggung jawab untuk mengerjakan pelayanan Kristus berdasarkan karunia rohani masing-masing ( IKorintus 1212-26).

Pelayan-pelayan gereja umumnya terdiri atas pelayan umum dan khusus. Seperti telah dijelaskan, semua anggota gereja yangbukan pendeta atau penatua atau diaken, dapat disebut sebagai pelayan umum. Pelayan khusus adalah anggota-anggota gereja yang dikhususkan oleh Allah untuk suatu pelayan khusus. Namun pelayan gereja yang dimaksud di sini adalah pelayan-pelayan khusus. Dalam Perjanjian Baru ada sedikitnya enam jabatan pelayan gereja yang disebut:
  1. Gembala (Poimen) adalah pelayan yang diberi karunia khusus untuk menggembalakan jemaat (I Timotius 1:3; Titus 1:5). Pada masa kini, seorang gembala biasanya disebut juga sebagai "gembala sidang" atau "pendeta".
  2. Rasul/Utusan Injil (Apostolos) adalah pelayan yang diutus untuk membuka pekerjaan Tuhan di daerah baru (Lukas 10:1-12).
  3. Nabi/Pengkhotbah (Propethes) adalah pelayan yang menerima karunia Allah untuk bernubuat dengan tujuan membangun, menasehati, dan menghibur (I Korintus 14:3-5, 29-33).
  4. Penginjil/Evangelis (Evangelistes) adalah pelayan yang memberitakan Injil terus-menerus di mana saja, kapan saja, dan kepada siapa saja (2 Timotius 4:5).
  5. Pengajar/Guru Injil/ Guru Alkitab (Didaskolos) adalah pelayanan yang dikaruniakan Allah untuk mengajarkan Alkitab (Kisah 18:24).
  6. Diaken (Diakonos) adalah pelayan yang ditetapkan khusus untuk melayani kebutuhan social di gereja (Kisah 6:1-7; I Timotius 3:8-13).
Tuhan memilih dan memanggil kita untuk menjadi rekan sekerja bagi Dia. Dalam berbagai bidang dan karunia pelayanan yang Tuhan percayakan kepada masing-masing pribadi. Sudahkah kita mengerjakan bagian kita dengan sungguh-sungguh?

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *