http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-land.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/bible-trivia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/youth-ministry.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/eksegetis-study-biblika.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/free-ebook-old-testament.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/christian-life.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/kristenpedia.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/misiologi-great-commission.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/pendidikan-agama-kristen.html http://www.pustakakristen.com/2017/01/pelayanan-anak.html http://www.pustakakristen.com/2017/02/sermon.html http://www.pustakakristen.com/2016/04/toko-buku.html

PENGKATAN GEREJA - RAPTURE

Kata pengangkatan berasal dari kata rapere dalam bahasa Latin, yang artinya diangkat. 1 Tesalonika 4:7 dalam terjemahan Latin memakai kata ini. Dalam bahasa Yunani kata “diangkat” menggunakan kata harpazo, contohnya dalam 1 Tesalonika 4:17. Kata yang lain adalah allasso yang diterjemahkan “diubah” dalam 1 Korintus 15:51. Peristiwa pengangkatan ini dapat digambarkan seperti saat kita mengumpulkan paku-paku atau serpihan besi dengan menggunakan magnet. Magnet itu akan mengumpulkan semua benda-benda yang memiliki sifat fisik yang sama. Maka kedatangan Tuhan Yesus itu adalah mengumpulkan semua orang yang memiliki sifat yang sama seperti Dia.
Dua gambaran tentang pengangkatan.

1 Tesalonika 4:13-17
Ayat ini menegaska beberapa hal seputar peristiwa keangkatan. Kematian orang Kristen adalah suatu “istirahat” atau tidur yang tenang, maka pada saatnya nanti Allah akan membawa dan mengumpulkan semuanya bersama-sama dengan Dia. Ini merupakan suatu penyataan langsung dari Tuhan, sehingga dapat dipercayai. Peristiwa kebangkitan orang mati dalam Tuhan akan diikuti oleh keangkatan terhadap umat Tuhan yang masih hidup pada saat itu. Untuk dikumpulkan dan tinggal bersama-sama dengan Tuhan sampai selama-lamanya.

1 Korintus 15:51-53.
Tidak semua mengalami kematian secara fisik, tetapi kita yang masih hidup sampai pada kedatangan Tuhan akan diubahkan dan diangkat, untuk menerima bagian yang kekal.
Ada beberapa pandangan yang keliru tentang pengangkatan itu, yaitu:

  • Menyamakan pengangkatan dengan kedatangan Tuhan Yesus yang kedua. Berbeda walaupun merupakan peristiwa yang berhubungan.
  • Membatasi pengangkatan itu terjadi hanya pada orang Kristen yang “rohani”, sedangkan yang hidup duniawi ditinggalkan. Hal ini bertentangan dengan kebenaran karena pengangkatan itu adalah kasih karunia Allah.
  • Bahwa pengangkatan tidak terjadi sebelum masa antikristus (mid-tribulations), jadi gereja turut mengalami masa antikristus.

Bagaimana kita mempersiapkan diri menyongsong hari yang besar itu? Karena peristiwa itu sudah dekat maka kita perlu mempersiapkan diri. Memperbaiki hubungan kita dengan Tuhan (Ibrani 10:25), memperbaiki kehidupan rohaninya (kesetiaan, ketekunan, kesabaran, dll), selain itu dia harus ambil bagian dalam pemberitaan Injil (II Timotius 4:1,2)  
Topik ESKATOLOGI

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Hubungi Kami

Nama

Email *

Pesan *